Sertifikasi ISO 45001
Kesehatan dan Keselamatan Kerja (OHSMS)

Apa itu ISO 45001?

ISO 45001:2018 adalah standar internasional untuk Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3). Ini telah menggantikan OHSAS 18001.

Dengan menerapkan standar, Anda dapat melindungi kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan karyawan, pengunjung, dan siapa pun yang terpengaruh oleh aktivitas organisasi Anda. Ini juga merupakan cara terbaik untuk membangun kepatuhan hukum.

Menerapkan sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja lebih penting dari sebelumnya. Manajer senior sekarang bertanggung jawab secara pribadi atas kesehatan dan keselamatan di organisasi mereka. Selain itu, pedoman hukuman baru yang diperkenalkan pada tahun 2016 telah menghasilkan hukuman yang lebih berat untuk kegagalan. Standar ini memberikan perlindungan bagi Anda, karyawan Anda, dan organisasi Anda. Ini adalah cara terbaik untuk mengelola risiko, menghindari denda, dan mengurangi ketidakhadiran karyawan. Itu semua menambah kinerja bisnis yang lebih baik.

Jika Anda sudah memiliki sistem manajemen lain, maka menerapkan sistem tambahan dapat dilakukan dengan mudah. Standar ini didasarkan pada kerangka Annex SL, yang berarti memiliki struktur yang sama dan banyak elemen dengan standar utama lainnya. Jadi, ini terintegrasi dengan mulus dengan sistem manajemen ISO lainnya termasuk ISO 9001, ISO 14001, dan ISO 27001.

Mengapa memilih ISO 45001?

Standar ini cocok untuk hampir semua organisasi, dari setiap ukuran, di sektor apa pun.

Jika Anda memperhatikan keselamatan dengan serius – dan undang-undang mengharuskan Anda melakukannya – maka Anda dapat memperoleh manfaat dari penerapan sistem manajemen kesehatan dan keselamatan ini dan mendapatkan sertifikasi Alcumus ISOQAR.

Bersertifikat menunjukkan bahwa Anda mengikuti praktik internasional terbaik dan dapat dipercaya untuk berbisnis dengan Anda. Ini membantu Anda mendapatkan daftar 'pemasok pilihan'. Ini sering menjadi persyaratan penting saat menawar bisnis baru, terutama saat menawar untuk bekerja dengan organisasi yang lebih besar atau sektor publik.

Anda mungkin juga tertarik dengan PAS 3002, Kode Praktik tentang Meningkatkan Kesehatan dan Kesejahteraan dalam Organisasi. Ini adalah pelengkap sempurna untuk ISO 45001 terutama karena fokusnya pada kesejahteraan psikologis.

Pastikan sertifikat Anda terakreditasi UKAS

Tidak semua sertifikat sama. Anda perlu memastikan bahwa sertifikat Anda dikeluarkan oleh badan yang telah diakreditasi oleh Layanan Akreditasi Inggris Raya (UKAS) yang diakui pemerintah.

Badan sertifikasi terakreditasi UKAS seperti ISOQAR menjalani pemeriksaan ketat secara berkala oleh UKAS untuk memeriksa bahwa kami beroperasi dengan standar tertinggi.

Artinya, ketika Anda memegang sertifikat dari lembaga terakreditasi UKAS, Anda bisa yakin itu lebih berarti. Sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga yang tidak terakreditasi UKAS seringkali tidak diterima.

Sertifikat terakreditasi UKAS diterima di seluruh dunia sebagai bukti bahwa Anda memenuhi standar praktik terbaik global.