Sertifikasi ISO 27001
Manajemen Keamanan Informasi

Apa itu ISO 27001?

Organisasi Anda hampir pasti menyimpan dan menangani informasi dan data, meskipun itu hanya nomor telepon di buku catatan. Setelah Anda membuat catatan, Anda memiliki kewajiban untuk melindungi keamanannya. Kegagalan untuk melakukannya membuat Anda rentan terhadap pelanggaran dan bahkan penuntutan.

ISO/IEC 27001:2013 (biasanya hanya dikenal sebagai ISO 27001) adalah standar internasional untuk Sistem Manajemen Keamanan Informasi (ISMS) dan membantu Anda mengelola tantangan ini.

Ini bukan hanya tentang keamanan siber. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengendalikan keamanan informasi dalam bentuk apa pun yang disimpan dan bagaimana pun informasi itu dikirimkan – di atas kertas, secara elektronik, melalui pos atau email, ditampilkan di film atau bahkan diucapkan dalam percakapan. Apa pun bentuknya, atau cara penyimpanan dan pembagiannya, standar membantu memastikan selalu dilindungi dengan tepat untuk membantu pelestarian:

Kerahasiaan – memastikan bahwa akses ke informasi diotorisasi dengan tepat

Integritas – menjaga keakuratan dan kelengkapan informasi dan metode pemrosesan

Ketersediaan – memastikan pengguna yang berwenang memiliki akses ke informasi saat diperlukan

 

Mengapa memilih ISO 27001?

  • Melindungi organisasi Anda – Meningkatkan pertahanan untuk mengurangi risiko pelanggaran keamanan informasi termasuk pencurian identitas.
  • Membatasi kerusakan – Meminimalkan kemungkinan kebocoran yang tidak disengaja.
  • Menyematkan praktik terbaik – Menunjukkan kredibilitas dan kepercayaan dengan meyakinkan pelanggan, karyawan, dan semua pemangku kepentingan bahwa informasi dan sistem aman.
  • Kurangi kesalahan – Meminimalkan kemungkinan kebocoran yang tidak disengaja.
  • Relevansi dan akurasi – Memperkenalkan disiplin dalam mengelola kualitas informasi yang disimpan untuk memastikannya relevan dan akurat.
  • Otorisasi – Akses dan kemampuan untuk mengubah pelanggaran keamanan informasi yang berarti Anda tidak terlalu rentan terhadap kerugian bisnis dan denda.
  • Kepatuhan – Meningkatkan kepatuhan dengan membantu memastikan hukum yang relevan (termasuk GDPR), peraturan, dan persyaratan kontrak terpenuhi.
  • Menangkan bisnis baru – Sertifikasi ISO 27001 memberikan keunggulan kompetitif untuk membantu Anda memenangkan lebih banyak bisnis.

 

Pastikan sertifikat Anda terakreditasi UKAS

Tidak semua sertifikat sama. Anda perlu memastikan bahwa sertifikat Anda dikeluarkan oleh badan yang telah diakreditasi oleh Layanan Akreditasi Inggris Raya (UKAS) yang diakui pemerintah.

Badan sertifikasi terakreditasi UKAS seperti ISOQAR menjalani pemeriksaan ketat secara berkala oleh UKAS untuk memeriksa bahwa kami beroperasi dengan standar tertinggi.

Artinya, ketika Anda memegang sertifikat dari lembaga terakreditasi UKAS, Anda bisa yakin itu lebih berarti. Sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga yang tidak terakreditasi UKAS seringkali tidak diterima.

Sertifikat terakreditasi UKAS diterima di seluruh dunia sebagai bukti bahwa Anda memenuhi standar praktik terbaik global.